Rapat Persiapan Medan Book Fair 2019 dan Sudut Inspirasi

Sebanyak 20 penerbit akan meramaikan Medan Book Fair 2019 kerja sama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Sumut di Kampus III UMSU, Jalan Muktar Basri Medan. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari 4-8 Nopember 2019, berlangsung gratis dan terbuka untuk umum.

Keikutsertakaan 20 penerbit ditambah penerbit UMSU Press tersebut terungkap setelah pihak UMSU dan IKAPI Sumut melakukan rapat baru-baru ini. Adapun penerbit yang ikut serta yakni, Penerbit Erlangga, Kelompok Agromedia, Prenadamedia group, Luxima, Gema Insani, RajaGrafindo Persada, Bumi Aksara Group. Aqwan, Pustaka Al-Kausar, Penerbit Partama Mitra Sari, Penerbit Mitra Group, Buku Kita, Zikrul Hakim, PT Niaga Swadaya, Diva Press, Mizan, Alfasyam Publishing, Mandiri Publishin, Perdana Publishing, Elba, dan Astri Media ditambah UMSU Press.

Selain dari penerbit, nantinya buku-buku karya dosen dan mahasiswa UMSU juga akan turut meramaikan gasanah perbukuan pada Medan Book Fair 2019. Buku-buku dosen dan mahasiswa nantinya akan dipamerkan dan juga diperjualbelikan. Ada diskon besar nantinya yang disiapkan dari para dosen sehingga buku-buku mereka bisa dinikmati mahasiswa.

Saat ini sejumlah dosen sudah menyerahkan karyanya ke pihak perpustakaan dari Fakultas Agama Islam, FKIP, Fakultas Hukum, dan lainnya.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin,MPd mengatakan, Medan Book Fair 2019 merupakan kegiatan kerja sama antara UMSU dan IKAPI Sumut. Tujuan ke depan terjalinnya MoU antara kedua dan UMSU Press menjadi bagian IKAPI Sumut sehingga dalam setiap event yang digelar IKAPI Sumut, UMSU Press bisa ikut berperan serta. Selain Medan Book Fair 2019, kegiatan yang tidak kalah penting yakni Sudut Inspirasi yang menghadirkan penulis buku “Kami {bukan} Sarjana Kertas” yang bestseller nasional yakni JS Khairen . Ada 500 peserta yang akan ikut dalam kegiatan sharing creative writing ini. Ada juga stand khusu Perpustakaan Bank Indonesia dan stand Warung Prancis yang akan menampilkan buku-buku dari Prancis.

“Kita berharap civitas akademika UMSU seperti dosen dan mahasiswa dan tenaga kependidikan memanfaatkan moment ini karena ada diskons sampai 70 persen selama pelaksanaan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *