Muchtar Basri – Dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan Program Studi di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, saat ini UMSU menerima kunjungan tim asesor untuk 11 Program Studi. Selasa, 13 Februari 2018, kunjungan dimulai untuk Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tim asesor waktu itu Ibu Dr. Dra. Indi Djastuti, MS & Bapak Dr.Harif Amali Rivai, SE, M.Si. karena keterbatasan waktu belum sempat mengunjungi perpustakaan.

Dikesempatan lain, Kamis 15 Februari 2017, tim asesor untuk Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Bapak Dr. Eka Ananta Sidharta ,S.E., M.M., Ak dari Univesitas Negeri MalangĀ  didampingi Dekan FKIP, Dr. Elfrianto Nst, M.Pd., dan wakil Dekan III, Ibu Hj. Dewi Kesuma, SS, M.Hum, sekira pukul 15.00 Wib, mengunjungi perpustakaan UMSU yang penyambutannya telah dipersiapkan dibantu oleh tim relawan perpustakaan. Tidak tampak dalam rombongan itu IbuĀ Dr. Sylvia Veronica NPS., S.E., Ak. dari Universitas Indonesia yang juga sebagai salah seorang tim asesor.

Pada kesempatan itu Dr. Eka Ananta melihat jumlah kunjungan perpustakaan langsung pada sistem (komputer yang tersedia), perlu diketahui bahwa jumlah pengunjung perpustakaan UMSU meningkat tajam pada tahun terakhir. Pada Desember 2016 tercatat sebanyak 6568 pengunjung, naik di Desember 2017 sebanyak 15013 pengunjung.

Hal yang ditanyakan juga oleh tim asesor adalah luas bangunan perpustakaan, berdasarkan profil perpustakaan luas bangunan perpustakaan UMSU adalah seluas 710 m2.

 

Bapak Dr. Eka Ananta Sidharta memantau jumlah kunjungan perpustakaan langsung pada sistem.

 

Dr. Eka mencoba pencarian buku di OPAC

Ada beberapa catatan saran dan masukan berharga yang disampaikan, Dr. Eka mengatakan untuk proses pemesanan buku baik yang akan dipinjam atau perpanjangan buku, perpustakaan kita sudah tertinggal yang sepatutnya sudah bisa dilakukan secara online dari rumah melalui aplikasi seiring kemajuan teknologi yang berkembang sekarang ini.

Beberapa masukan berharga disampaikan untuk kemajuan perpustakaan kedepan.

 

Tampak Dr. Eka meninjau buku-buku yang ada di rak didampingi oleh Ka UPT Perpustakaan dan pustakawan.

Ka UPT. Perpustakaan, Muhammad Arifin, M.Pd, sangat mengapreasi kunjungan dari tim asesor ke perpustakaan UMSU dan menyambut baik masukan yang diterima. Beliau mengatakan masukan-masukan itu akan diperhatikan dan perpustakaan akan mengupayakannya karena menjadi poin penting yang menunjang dalam sistem penilaian akreditasi bukan hanya untuk program studi tetapi akreditasi universitas secara keseluruhan. Mudah-mudahan perpustakaan dapat menutupi kekurangan-kekurangan dengan terus berbenah. Salam literasi.

Mengakhiri kunjungan photo bersama tim asesor

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *