MACAM-MACAM LAYANAN DI  PERPUSTAKAAN UMSU

 

  1. KASIR

Untuk kasir di UPT Perpustakaan UMSU terpusat di petugas pengembalian. Petugas kasir menerima pembayaran denda.

 

  1. LOKER

Layanan loker disediakan bagi pemustaka yang ingin menyimpan segala barang bawaan seperti tas, buku dan lainnya. Sebelum memanfaatkan layanan loker pemustaka meminta kunci ke petugas piket.

 

  1. LAYANAN SIRKULASI

Layanan sirkulasi untuk peminjaman dan peminjaman sudah menggunakan system Senayan atau Senayan Library Manajemen System (SLiMS) dan open access.

 

  1. LAYANAN ADMINISTRASI

Layanan Administrasi di Perpustakaan UMSU dilaksanakan pagi dan siang. Adapun beberapa layanan;

  • Pendaftaran Anggota Perpustakaan
  • Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan
  • Surat Menyurat
  • Penyerahan Karya Ilmiah
  • Pembuatan Barcode.

 

  1. LAYANAN DIGITAL

Saat ini tersedia 4 komputer yang dapa digunakan mahasiswa untuk dapat mengakses secara cepat untuk melakukan akses internet secara gratis. Pada layanan digital ini mahasiswa dapat melakukan Online Resources (sumber-sumber online) yang tersedia di Perpustakaan UMSU.

Adapun Online Resources yang tersedia di Perpustakaan UMSU. Di antaranya;

  • Skripsi

Mahasiswa dapat mendownload secara bebas skripsi dan fulltext dengan ketentuan terdaftar dan mendapat kode dari petugas.

Alamat url; http://repository.umsu.ac.id/

  • Artikel Jurnal UMSU.

Semua artikel jurnal terbitan UMSU yang tersedia dapat didownload secara bebas di alamat url; http://jurnal.umsu.ac.id/

  • E-Book

Sedangkan untuk buku-buku e-book. Mahasiswa disarankan untuk membuka alamat url; www.pdfdrive.net.

 

  1. LAYANAN KKI

Layanan Koleksi Karya Ilmiah (KKI) adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka berkaitan dengan hasil tulisan ilmiah (penelitian) yang dilakukan civitas akademika UMSU dalam bentuk cetak Khususnya untuk bentuk skripsi, selain bentuk cetak, sejak 2017 sudah beralih ke bentuk CD ROM. Penelusuran informasinya dapat dilakukan melalui Repositori.

 

  1. LAYANAN MULTIMEDIA

Layanan multimedia adalah layanan yang secara langsung bersentuhan dengan TI. Koleksi audio visual yang dimiliki dalam bentuk CD, CD ROOM. Termasuk layanan TV Kabel, pemustaka juga bisa menikmati channel yang diinginkan.

 

  1. LAYANAN REFERENSI

Layanan referensi adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka bertujuan membantu pemustaka dalam penelusuran informasi rujukan. Melalui layanan referensi ini pemustaka dibantu untuk menemukan dan menelusur informasi secara detail.