Sebanyak 8 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dari Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Perpustakaan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di UPT Perpustakaan UMSU. PKL dilaksanakan selama 16 hari sejak pertengahan Januari hingga awal Februari 2019.

Mahasiswa PKL awalnya diserahkan oleh Dosen Pembimbing PKL Dr Muhammad Dalimuneht Sag, SS. MHum dan penjemputan dilakukan Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU, Abdul Karim Batubara, MA.

Ke 8 mahasiswa PKL UINSU yakni, Abd Roby Wardhana, Efi Anrina Lubis, Muhammad Chandrika, Nita Sucianti, Putri Gustia, Kurnia Sari, Ryan Ariandi, Wilantika Ramadhani.

Plt Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengatakan sangat berterimakasih kepada UINSU yang telah mempercaya UPT Perpustakaan UMSU sebagai tempat PKL. Tentunya, selama PKL di sini mahasiswa merasakan langsung bagaimana pelaksanaan pelayanan di perpustakaan sehingga memiliki pengalaman yang berharga dalam dunia kerja nantinya.

Selama PKL, katanya mahasiswa ibarat ‘di kolam renang’. Mereka bisa memiliki dalamnya air, karena selama PKL mereka belajar bagaimana menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, ada yang tuntas, tetapi juga tentunya ada juga yang tidak maksimal sehingga apa yang dilakukan bisa terus diperbaiki. Berbeda dengan dunia kerja sesungguhnya, ibarat ‘di lautan’, Mereka suka tidak suka harus bekerja maksimal dan memberikan yang terbaik di tempat kerjanya. Maka, diminta mahasiswa untuk terus berbenah memperbaiki diri dari kekurangan yang dimiliki.

“Jangan pernah berhenti belajar dan tentunya yang terpenting harus bisa menciptakan budaya kerja karena budaya kerja yang baik menunjukkan kesiapan kerja suatu lembaga,” katanya.

Abdulm Karim Batubara mengucapkan terimakasih kepada pihak UPT Perpustakaan UMSU. Segala sikap dan tindakan mahasiswa selama PKL tentunya ada yang baik dan bisa diterima tetapi tentunya ada yang belum sempurna. Maka, ketidaksempurnaan tersebut harus sama-sama diperbaiki.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dari mahasiswa ke UPT Perpustakaan UMSU.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *