BI Corner UMSU masuk ke dalam 18 nominasi BI Corner Perguruan Tinggi terbaik se Indonesia dari 290 BI Corner perguruan tinggi yang ada pada perlombaan Bank Indonesia Corner Award 2018.

Dewan Juri terdiri dari Hendra Nazaldi (BI), M Nguzer  dari Yayasan  Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dan A Sofyan  dan Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) didampingi Erni Wirani BI Kantor Perwakilan Wilayah Sumatera Utara dan Kiki Melvasari dari BI Jakarta mengunjungi BI Corner UMSU.

Adapun penilaian Kriteria kompetisi BI Corner Award 2018 meliputi gedung/ruang BI Corner, kondisi fisik fasilitas, kelembagaan, pengelolaan koleksi BI, anggaran pengelolaan BI corner, tenaga pengelola BI Corner, layanan BI Corner, promosi BI Corner, kerja sama dan pengaruh positif BI Corner.

Dewan juri disambut Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP didampingi Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin, Wakil Rektor III, Dr Rudianto, S.Sos, MSi, Sekretaris Universitas, Gunawan SPdI, MTh, Humas, Ribut Pribadi, M.IKom, Kabag Umum, Lutfi Bashit, dan kepala perpustakaan UMSU dan seluruh staf perpustakaa dan relawan.

Di hadapan Rektor, dewan juri, Hendra Nazaldi mengatakan kunjungan ke BI Corner UMSU merupakan kegiatan lanjutan dari BI Corner Award 2018 dimana BI Corner UMSU masuk ke dalam 18 BI Corner yang terpilih dari 290 BI Corner Perguruan Tinggi yang ada. “Saat ini ada 471 BI Corner di tingkat perguruan tinggi, SMA/sederajat, umum, perpustakaan daerah/kota/kabupaten, taman bacaan masyarakat, pondok pesantren, lembaga permasyarakatan,” katanya.

Visitasi dilakukan karena setelah penilaian tahap I dimana dewan juri melakukan penilaian berdasarkan e-form dan dokumen pendukung yang telah dikirim kepada panitia penyelenggara. UMSU masuk dalam 18 BI Corner terbaik sesuai dengan kategori lomba.

Saat visitasi, terlihat semua dewan juri menanyakan dan mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan borang yang ada, di antara terkait impact pada peningkatan akreditasi perpustakaan, peningkatan akreditasi lembaga, peningkatan jumlah peminjaman, dan peningkatan pengunjung, pendukung kegiatan. Peningkatan keikutsertaan dalam berbagai lomba, peningkatan aktivitas.

Sedangkan di bidang promosi ditanyakan penggunaan media sosial, maupun cetak, dan di bidang anggaran dipertanyakan anggaran untuk BI Corner.

Sebelumnya, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP sangat bangga atas prestasi perpustakaan khususnya BI Corner UMSU. Dia berharap keberadaan BI Corner bisa meningkatan jumlah kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dan buku-buku yang tersedia menambah pengetahuan serta meningkatkan tingkat intelektualitas.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengatakan keberadaan BI Corner UMSU menjadi pembuka munculnya corner-corner lainnya seperti Japan Corner, India Corner, dan Warung Prancis. Keberadaan BI Corner sangat membantu mahasiswa dalam mencari literasi untuk mendukung tugas-tugas kemahasiswaan dan sumber ilmu bagi para dosen.

Dewan juri terlihat mengapresiasi keberadaan Relawan Perpustakaan UMSU dan menanyakan tugas-tugas relawan di perpustakaan. Ketua Relawan Perpustakaan UMSU, Ghina Farathika pun menjelaskan bahwa kehadiran relawan dapat membantu promosi perpustakaan kepada mahasiswa dan mendekatkan mahasiswa akan dunia membaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *