Dalam rangka peningkatan kompetensi pustakawan serta mendukung peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan sivitas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, perpustakaan mengirimkan lima pustakawan untuk mengikuti kegiatan sertifikasi pustakawan yang diadakan Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (IKA PSIP USU), Digital Library Universitas Negeri Medan bersama dengan Lembaga Sertifikasi Pustakawan (LSP). Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut dilakukan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Kegiatan sertifikasi ini dibuka ketua Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (IKA PSIP USU), sekaligus kepala UPT Perpustakaan Digital UNIMED, Tessa Simahate, S.Sos., M.I.Kom. Dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus IKA PSIP USU dan juga peserta yang telah menunjukan keinginan kuat agar kegiatan sertifikasi dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh IKA PSIP USU. Kepala UPT Perpustakaan Digital UNIMED juga menyampaikan kepada para pustakawan yang mengikuti kegiatan sertifikasi, dapat memberikan dampak bagi instansi setelah dinyatakan lulus sertifikasi oleh asesor.

Kegiatan sertifikasi ini diikuti oleh 21 pustakawan dari berbagai instansi yang sebagian besar merupakan pustakawan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara. Perpustakaan UMSU mengirimkan pustakawan sebanyak lima orang pustakawan yaitu Chichi Adrian, Nurhidayah, Khairul Rosyadi Daulay, Isva Affannura Khairi, dan Fithria Rizka S. Tim Asesor Lembaga Sertifikasi Pustakawan yang dipimpin oleh Dra. Adriati, SIP., M.Hum beserta anggota, Nelwaty, S.S., M.Si, Dra. Sri Mulyani, M.Si, Agus Rifai, SS., S.Ag., M.Ag., Ph.D serta Donny Yudha Prawira, S.Sos., M.I.Kom juga memberikan arahan dalam teknis pelaksanaan kegiatan sertifikasi pustakawan sehingga peserta memahami bagaimana teknis kegiatan sertifikasi berlangsung.

Kegiatan sertifikasi pustakawan yang berlangsung selama empat hari, dibagi atas beberapa klaster seperti klaster pengadaan bahan perpustakaan, klaster pengatalogan bahan perpustakaan, klaster pelayanan sirkulasi dan referensi, dan literasi informasi dan promosi perpustakaan. Setiap klaster dibagi atas dua kompetensi, kompetensi umum dan kompetensi inti. Pustakawan UMSU yang mengikuti kegiatan sertifikasi dengan memilih klaster yang berbeda – beda, seperti Isva Affannura Khairi mengambil klaster pengadaan bahan perpustakaan, Chichi Adrian dan Fithria Rizka S mengambil klaster pengatalogan bahan perpustakaan, serta Nurhidayah dan Khairul Rosyadi Daulay mengambil klaster pelayanan sirkulasi dan referensi dinyatakan lulus oleh asesor masing – masing yang mendamping dan membimbing dalam kegiatan sertifikasi pustakawan tersebut. Pada penutupan kegiatan sertifikasi pustakawan tersebut, asesor dan kepala UPT Perpustakaan Digital UNIMED memberikan selamat kepada seluruh pustakawan yang dinyatakan lulus sertifikasi pustakawan dan semoga dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan pengelola perpustakaan di instansinya masing – masing.

Pustakawan Klaster Pengatalogan Bahan Perpustakaan
Pustakawan Klaster Pengadaan Bahan Perpustakaan
Pustakawan Klaster Layanan Sirkulasi dan Layanan Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *