MoU Perpustakaan UMSU dan Dinas Perpustakaan Batubara

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin memorandum of understanding (MoU) dengan Perpustakaan Kabupaten Batubara, belum lama ini. MoU ditandatangai oleh Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Batubara, Maya Sukanti, S.Sos di Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Batubara, Jalan Iman Bonjol, Kelurahan Labuhanruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Batubara berisi tentang pemanfaatan sumber perpustakaan oleh pemustaka, peningkatan sumber daya manusia bidang perpustakaan dan pengembangan teknologi perpustakaan seperti Senayan Library Management System (SLiMS) dan perpustakaan digital.

Foto bersama usai MoU

“Untuk kerja sama dengan perpustakaan pemerintah, Perpustakaan UMSU sebelumnya telah menjadi MoU dengan Perpustakaan Nasional RI, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu da nada banyak puluhan MoU dengan perpustakaan perguruan tinggi, perpsutakaan sekolah, taman bacaaan dan lembaga-lembaga lain,” katanya.

Kerja sama ini nantinya akan diimplementasikan dalam banyak kegiatan yang bisa dibuat bersama-sama dan bermanfaat untuk kedua belah pihak. “Kita mengucapkan terimakasih kepada Bupati Batubara, Ir. Zahir, MAP dan Ketua Tim Badan Upaya Percepatan Pembangunan Batubara, Drs Syaiful Syafri, MM yang telah memberi dukungan penuh atas MoU ini,” ujarnya.

Plt Dinas Perpustakaan Batubara, Maya Sukanti mengaku bangga bisa menjalin MoU dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi seperti UMSU. Ke depan, MoU ini tentunya tidak hanya di atas kertas, tetapi diimplementasikan dalam banyak kegiatan seperti peningkatan minat baca  dan pengembangan IT Perpustakaan.

Usai MoU ditindaklanjuti dengan mengunjungi perpustakaan milik Pemkab Batubara dan sharing informasi. Terlihat pegawai perpustakaan Batubara sangat antusias mendengar pemaparan dan kemajuan perpustakaan UMSU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *