Sejarah Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

perpus umsu – Lahirnya Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kampus III dilatar belakangi oleh lahirnya kampus III UMSU. Pada awalnya UMSU hanya memiliki dua kampus pada lokasi yang berbeda, yaitu kampus I terletak di Jalan Gedung Arca, sedangkan kampus II terletak di jalan Demak Medan.

Usaha mendirikan gedung pada kampus III didasari oleh tuntutan kebutuhan dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar pada tahun 1982. Hal mi didasari oleh pihak pimpinan UMSU Medan dengan berupaya untuk menyediakan dan mendirikan kampus baru.

Atas bantuan dari H. Probo Sutedjo selaku dewan kurator UMSU Medan, berdirilah kampus III yang terletak di Jalan Kapten Muchtar Basri, BA No. 3 (Kampus Mercubuana) dengan luas bangunan ± 2 hektar. Pada tahun 1992 kampus III UMSU diresmikan pemakaiannya oleh Menteri Penerangan Harmoko yang sekaligus meresmikan tiga unit gedung yaitu gedung Rektorat, gedung Fakultas Ekonomi dan gedung Fakultas Hukum yang tergabung dengan Fakultas Isipol serta Rektorat UMSU Medan yang semula berada pada kampus I pindah ke kampus III.

Perpustakaan UMSU mulanya telah berdiri di lingkungan kampus I sejak tahun 1957 tepatnya pada tanggal 17 Februari bersamaan dengan berdirinya Fakultas Filsafat. Sebagaimana yang telah diuraikan di atas, oleh karena meningkatnya jumlah manusia yang mendaftar ke UMSU Medan dimulai pada tahun 1982, pusat penyelenggaraan akademik UMSU Medan yang sebelumnya berada pada kampus I pindah ke kampus III termasuk gedung Rektorat UMSU Medan.

Untuk melengkapi fasilitas dan sarana pendidikan di lingkungan kampus III, maka pada tahun 1994 Pimpinan UMSU mendirikan sebuah perpustakaan baru. Perpustakaan didirikan dengan tujuan untuk mendukung dan menunjang misi pendidikan yang diemban lembaga induknya. Di samping itu untuk mempermudah pengguna memanfaatkan perpustakaan. Dengan berdirinya perpustakaan di lingkungan kampus III, maka sivitas akademik menjadi lebih mudah dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Sejak berdirinya, pimpinan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pernah dijabat oleh Ibu Nurul Hidayah, Bapak Zudirman,S.H., Bapak Taufan Iskandar, S.H., Bapak H. Irfan Bustami, S.H.,M.Hum,  dan Azharryandi, S.Sos.

Saat ini pimpinan perpustakaan dijabat oleh  Bapak Muhammad Arifin, M.Pd, dibantu beberapa pegawai yang menangani setiap divisi di perpustakaan UMSU.