Muktar Basri-Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UMSU menggelar Workshop Pengelolaan Perpustakaan Sekolah bagi Pemustaka yang diselenggarakan di Gedung Penjaminan Mutu-Kampus Muktar Basri Medan, Senin, (29/10). Workshop ini dilaksanakan atas tindaklanjut kerjasama yang dilakukan antara UPT. Perpustakaan UMSU dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan implementasi dari Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang diampuh dosen Nadra Amaliah, MPd. Workshop pengelolaan perpustakaan ini diikuti oleh mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengambil mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Narasumber kegiatan ini dari UPT Perpustakaan UMSU seperti Plt Kepala Perpustakaan UMSU yang membahas “Manajemen Perpustakaan” dan para pustakawan UPT.Perpustakaan UMSU, Isva, Nurhidayah

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr Mhd Isman, M.Hum, menyampaikan kepada para mahasiswa harus benar-benar mengikuti kegiatan sehingga kedepannya dapat bermanfaat bagi penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya dalam hal pengelolaan perpustakaan.

Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd dalam materinya menyampaikan bahwa ada lima jenis perpustakaan secara garis besar yakni perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus. Dari jenis tersebut, perpustakaan sekolah menjadi konsen yang harus diperhatikan karena memang realitasnya perpustakaan sekolah harus ditingkatkan baik segi fisik, maupun SDM. Pengalaman-pengalaman mahasiswa yang masih menemukan ada perpustakaan pengab, bersawang dan letaknya strategis tentunya perlu dibenahi.

Sementara terkait SDM, diketahui hampir disemua perpustakaan sekolah, perpustakaan dikelola oleh tenaga perpustakaan yang  tidak berasal dari sarjana pendidikan atau telah mengikuti pelatihan kepustakawan serta mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Pada workshop tersebut disampaikan mengenai perkembangan perpustakaan, dimana perpustakaan UMSU meningkatkan sarana dan prasarananya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh civitas akademika, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, gambaran kondisi perpustakaan UMSU dan pelayanan serta peningkatan kualitas dan fasilitas perpustakaan UMSU. Serta pemaparan  mengenai prestasi yang telah diraih oleh perpustakaan UMSU. Hal Ini disampaikan agar mahasiswa menyadari mengenai pentingnya peran perpustakaan, memanfaatkan pelayanan yang ada dan juga menjaga perpustakaan, baik koleksi, fasilitas dan seluruh kelengkapan yang ada di Perpustakaan.

 

Pemateri kedua, Isva Affanura Khairi, S.Sos menyampaikan materi mengenai Pengorganisasian Bahan Pustaka disertai dengan praktik pembuatan nomor panggil buku berdasarkan standar perpustakaan. Praktik yang dilakukan selama lebih kurang satu jam, diharapkan mampu memahami proses dalam mengolah bahan pustaka hingga dapat digunakan oleh pemustaka. Peserta begitu antusias dalam mengikuti workshop yang dilaksanakan Perpustakaan dan Program Studi ini, hal tersebut dapat dilihat keseriusan para peserta dalam mengikuti workshop hingga acara selesai. Pelatihan ini diikuti 250 peserta dan dilaksanakan kedalam tiga gelombang.

 

Dosen pengampu Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Nadra Amaliah, MPd mengatakan, tujuan workshop diadakan agar mahasiswa setelah menyelesaikan studi dan memperoleh gelar SPd nantinya memiliki skill lain yakni mampu mengelola perpustakaan berdasarkan standar dan aturan yang berlaku pada perpustakaan sehingga  pada lulusan mampu menjadi guru sekaligus pustakawan yang handal, kreatif, dan kompetitif serta mampu menggerakkan literasi sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *