Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Stabat menjalin kerja sama dengan UPT Perpustakaan UMSU dalam hal pengembangan IT Perpustakaan. Kerja sama ditandai dengan penandatangan naskah perjanjian yang dilakukan Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd dan Kepala Perpustakaan SMKN 1 Stabat, Drs A Rivai disaksikan Kepala SMKN 1 Stabat, Ilyas, SPd, M.Psi di Jalan KH Wahid Hasyim-Stabat, Kabupaten Langkat.

Adapun ruang lingkup kerja sama yakni peningkatan kualitas pustakawan melalui praktik magang, pelaksanaan diklat, dan peningkatan minat baca, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerja sama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan kerja sama dalam bidang softskill dan hardskill peserta didik serta bisnis berbasis perpustakaan.

Kepala SMKN 1 Stabat, Ilyas mengatakan dalam perkembangan teknologi perpustakaan tidak boleh tertinggal karena memiliki peran penting dalam mendukung proses pendidikan di sekolah. Perpustakaan harus memiliki sistem yang canggih dan memudahkan dalam memberikan pelayanan. Untuk itu, kerja sama yang dilakukan dengan UPT Perpustakaan UMSU dalam pengembangan teknologi otomasi perpustakaan dengan menggunakan Senayan Library Sytem Management (SLiMS) harus terus didukung.

Kepala Perpustakaan SMKN 1 Stabat, Drs A Rivai mengaku, kerja sama yang dilakukan UPT Perpustakaan UMSU dan Perpustakaan SMKN 1 Stabat diharapkan bisa diimplementasikan dalam bentuk program-program kerja yang bermanfaat, khuusnya terkait dengan skill tenaga perpustakaan sekolah. “Saya berharap ada transper knowledge sehingga tenaga pengelola perpustakaan sekolah kami memiliki ilmu yang luas tentang pengelolaan perpustakaan yang baik, bagiamana melayani, mengolah perpustakaan berbasis SLiMS dan lain-lain,” katanya.

Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengatakan kerja sama dengan pihak SMKN 1 Stabat merupakan bentuk kerja sama dengan sekolah yang sebelumnya juga sudah dilakukan dengan sekolah-sekolah lain seperti SMKN 1 Beringin, SMKN 1 Percut Sei Tuan, SMPN 1 Pantai Labu, SMPN 13 Binjai, SMA N 2 Sipirok. “UMSU melalui UPT Perpustakaan terus memberi perhatian kepada sekolah-sekolah yang telah menjadi mitra sehingga perpustakaan mitra bisa lebih baik dan berprestasi,” katanya.

Usai penginstalan SLiMS tampak terlihat para siswa antusias mengisi daftar masuk ke perpustakaan karena sudah tidak secara manual tetapi sudah berbasis digital dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *