Lauching Medan Book Fair 2019

Dibuka Direktur KPw BI Sumut

Antusias masyarakat yang datang ke Medan Book Fair 2019 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Muktar Basri terlihat ramai, Rabu (6/11). Masyarakat dari berbagai daerah seperti Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang mendatangi acara tersebut.

Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim, bersama Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Sumatera Utara, Ir Doni Irfan Alfian, Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor II, Akrim, MPd, Kepala Perpustakaan Kota Medan, Maya Fitriani, SE secara resmi membuka Medan Book Fair 2019 dan Sudut Inspirasi, ditandai dengan pemotongan pita di Kampus UMSU. Hadir penulis ternama, JS Khairen.

        Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim mengatakan dalam mendukung pencapaian kinerja dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia selama ini dilakukan sejumlah kegiatan di antaranya program sosial Bank Indonesia atau PSBI. Program ini dilakukan dalam rangka memperkuat implementasi kapasitas ekonomi.

        Sementara Program Kepedulian Sosial Indonesia Cerdas merupakan kegiatan kepedulian atau empat terhadap permasalahan masyarakat di bidang pendidikan, dan dilakukan dengan pendirian BI Corner yang merupakan konsern dari Bank Indonesia berada di dunia pendidikan.

        Keberadaan BI Corner diharapkan memberikan dampak dan manfaat bagi mahasiswa dan BI Corner UMSU merupakan BI Corner yang aktif dalam melaksanakan beragam kegiatan sejak berdiri, dan telah meraih penghargaan terbaik I BI Corner Award 2018.

Ibrahim mengatakan, untuk mendorong spirit literasi, Bank Indonesia mengembangkan BI Corner di berbagai kampus di tanah air. “Pengembangan BI Corner diharapkan menjadi stimulus bagi pihak pengelola perpustakaan untuk menjadi pustaka sebagai lokasi kunjungan yang menarik minat banyak orang,” katanya.

Ketua IKAPI Sumut, Ir Doni Irfan Alfian sangat mengapresiasi terhadap kerja sama yang dilakukan IKAPI Sumut dengan UMSU dengan digelarnya Medan Book Fair, dengan kerja sama ini diharapkan UMSU Press dapat menjadi bagian dari IKAPI dalam upaya meningkatkan kualitas terbitan yang dihasilkan.

        Wakil Rektor II, Akrim mengatakan UMSU memiliki jargon unggul, cerdas dan terpecaya. Untuk jargon unggul, UMSU telah mewujudkan dengan menjadi salah satu universitas terbaik di Sumatera Utara dengan akreditasi A, jumlah prodi terakreditasi A sebanyak 9 prodi dan banyak lagi prestasi yang membanggakan. Bahkan perpustakaan terakreditasi A, terbaik di Sumut untuk kategori perguruan tinggi dan BI Corner UMSU menjadi terbaik se Indonesia pada BI Corner Award 2018.

        Sedangkan untuk jargon cerdas dan terpecaya, UMSU terus berusaha meningkatkan seperti saat ini dengan adanya Book Fair dan bedah buku menjadi ajang untuk meningkatkan mahasiswa cerdas dan tentunya meningkatkan minat baca di UMSU, Kota Medan dan Sumatera Utara.

        Terkait pelaksanaan Sudut Inspirasi tentunya sebagai implementasi dari keberhasilan UMSU meraih prestasi BI Corner Award 2018, maka sejumlah kegiatan dibuat di antaranya, menggelar sudut inspirasi, pelatihan tenaga pengelola, sosialisasi turnitin, menggelar beragam lomba, sosialisasi kebanksentralan, apresiasi pengunjung, dan kelas literasi. 

        Usai pembukaan secara resmi selanjutnya dilakukan pemotongan pita dilakukan Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim bersama Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Sumatera Utara, Ir Doni Irfan Alfian, Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor II, Akrim, MPd, Kepala Perpustakaan Kota Medan, Maya Fitriani, SE sebagai pertanda resmi dibukanya Medan Book Fair 2019 dan peninjauan stand masing-masing penerbit. Sejumlah penerbit pun menyerahkan buku-buku terbaik.

        Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim berkesempatan meninjau BI Corner UMSU untuk melihat kemajuan yang telah diraih. Pengelola BI Corner UMSU, Isva Affanura Khairi menyampaikan saat ini pengunjung BI Corner sudah dilakukan secara online, mahasiswa tinggal menscan kartu mahasiswanya sehingga diketahui berapa jumlah pengunjung per hari dan dari fakultas mana. Ibrahim menyarankan agar ada apresiasi kepada pengunjung dan peminjam koleksi BI Corner UMSU.

Pada beda buku dan sharing kepenulian dengan narasumber JS Khairen menyampaikan beberapa orang menemukan kesuksesan setelah tersesat, tersesat di jalan yang benar lebih baik daripada berjalan di jalan yang salah. “Setelah lulus tantangan tidak ada silabus. Waktu saya di UI ada jurusan marketing, di semester ke 2 dosennya tanya siapa yang mendapat nilai A, kami maju dengan bangga. Nah, ketika ditanya kamu udah pacar belum, ada yang belum menjawab. Gimana marketing diri sendiri aja belum benar, gimana bisa mendapat nilai A. Kalau semester ini kamu tidak punya pacar, kami tidak lulus. Spontan anak-anak pada ke salon merawat diri,” ceritanya.

        Menurutnya, saat ini semua bisa dipelajari melalui berabgai sumber, dan universitas terbaik di dunia adalah universitas google. Kehadiran JS Khairen mendapat sambutan luar biasa mahasiswa UMSU, sejumlah mahasiswa terlihat antusias ikut bedah buku dan sharing kepenulian. (anls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *