Di Arena Rakornas FPPTMA di Lampung, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UMSU melakukan penandatangan kerja sama dengan tujuh perpustakaan perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA) di Lampung, 4-6 Februari 2020.

Adapun ketujuh perpustakaan PTM yang menjalin kerja sama dengan UPT Perpustakaan UMSU yakni, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP)) dan Universitas Muhammadiyah Matarram (UMMAT).

Adapun ruang lingkung kerja sama meliputi pengembangan kompetensi pustakawan dan staf perpustakaan, pemanfaatan bersama sumber informasi dan koleksi perpustakaan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sedangkan pelaksanaan para pihak saling memberi kesempatan magang bagi tenaga perpustakaan masing-masing dalam rangka meningkatkan kinerja sumber daya manusia perpustakaan. Para pihak saling memberi kemudahan akses informasi, pemanfaatan koleksi, dan penggunaan fasilitas maupun sarana prasarana yang dikelola oleh masing-masing perpustakaan sesuai aturan yang disepakati bersama.

Para pihak saling menukar jurnal, majalah, maupun publikasi yang diterbitkan masing-masing perguruan tinggi minimal 2 eks/terbitan Para pihak melakukan penelitian bersama dalam bidang informasi dan perpustakaan.

Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengaku kerja sama ini terus ditingkatkan, tidak hanya di atas kertas tetapi diharapkan saling menguntungkan. “Ke depan jika tidak ada buku di perpustakaan UMSU, kita bisa melihat koleksi buku di tempat lain dan akhirnya buku tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa,” katanya.

Selain kerja sama di tingkat nasional, UPT Perpustakaan UMSU juga menjalin kerja sama di tingkat regional khususnya kepada anggota FPPTMA Korwil Sumut-Aceh. Kerja sama yang telah terjalin yakni dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA), STIKES Muhammadiyah Banda Aceh, STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe, UMTS, STIT Sibolga, STIE Asahan, dan STIH Asahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *