Sabtu pagi, 30 Maret 2019, perpustakaan UMSU sudah ramai. Sejumlah relawan tampak sejak pukul 07.00 WIB sudah mulai berkumpul menyiapkan segala sesuatu. Ada berlatih menjadi Master Ceremony (MC), sebagian bergegas merapikan meja dan bangku. Memasuki pukul 09.00 WIB undangan mulai ramai berdatangan, mereka utusan dari himpunan mahasiswa jurusan, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Mahasiswa (PK IMM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ada juga undangan yang memang sudah mendaftar. Kehadiran mereka untuk mendengarkan pengalaman dua wanita hebat yang telah menempuh pendidikan di luar negeri.

Bagaimana sih ceritanya?

Elnoviamy, MA (Lu­lusan LPDP Awardee University of College London menyampaikan untuk bisa kuliah ke luar negeri ten­tunya impian banyak orang, tetapi tidak semua bisa sukses mencapai im­pian tersebut, selalu ada saja yang belum be­runtung. Harus ada komitmen dan ko­mitmen itu harus dijalankan de­ngan baik dan sungguh-sungguh.

“Saya terus berkomitmen, komi­men kuliah ke luar negeri memang cita-cita saya. Makanya saya menja­lan­kan dengan sungguh-sungguh. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saya saat tamat S1 mencapai 3,95. Untuk pe­nguasaan bahasa Inggris saya be­lajar lagi,” katanya saat menjadi nara­sumber Sudut Inspirasi yang digelar UPT Perpustakaan UMSU beker­ja­sama dengan Relawan Perpustakaan dan Kantor Perwakilan BI Sumut melalui BI Corner, di Jalan Kapten Muk­tar Basri Medan, Sabtu (30/3).

Elnoviamy mengatakan, untuk bisa kuliah ke luar negeri, dirinya memiliki mimpi dengan meli­hat kampus-kampus di luar negeri se­perti Oxford University dan kam­pus-kampus terkenal di dunia. Mem­ba­yangkan bisa belajar di da­lamnya dan membaca buku di per­pus­takaan. “Enak kali ya belajar di perp­ustakaan kampus ini,” ucap­nya mem­bayangkan ketika itu.

Selain memiliki IPK yang baik, dia menambahkan, mahasiswa yang ku­liah ke luar negeri harus aktif di or­­ganisasi kampus karena nantinya saat wawancara akan ditanya tentang apa untung dan ruginya aktif di or­ga­nisasi. “Hmm, kalau hanya se­kadar IPK tinggi saya kira tidak cukup. Oh, Anda IPK tinggi dan aktif belajar te­­tapi tidak akan ada pertanyaan ka­rena tidak ada yang lain. Nah, untuk bisa lulus sebaiknya ya harus aktif ke­giatan di kampus seperti bergam­bung di komunitas, seperti IMM, UKM dan Relawan Perpustakaan ini,”ucapnya.

Selain bicara komitmen, Elno­viamy berbicara pe­nga­laman kuliah di luar negeri seperti do­sen-dosen bimbingan tesis yang be­gitu ramah, tidak perlu harus bertatap muka atau tidak membuat mahasiswanya menunggu dan sangat baik. “Tidak pernah disuruh menunggu, harus men­cari mereka, kita dianggap sebagai re­kan,” katanya.

Narasumber lain, Khairun Nissa, MTESOL (Lulusan LPDP Monash Uni­versity) menyampaikan untuk bisa ku­liah ke luar negeri harus memiliki ke­mampuan bahasa Inggris seperti penguasaan  International English Language Test System (IELTS) dan Test of English as a Foreign Langua­ge (TOEFL) karena merupakan syarat mu­tlak untuk bersekolah ke luar negeri.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd didampingi Pengelola BI Corner, Isva Affanura Khairi, S.Sos mengatakan Su­dut Inspirasi merupakan program prio­ritas BI Corner UMSU. Apalagi, se­telah menjadi BI Corner Terbaik se In­donesia, BI Corner UMSU ber­benah melaui program-program yang bisa bermanfaat bagi mahasiswa. Di antaranya menggelar sudut inspirasi. “Jadi, kehadiran BI Corner UMSU adalah yang per­tama kali di UMSU dan meng­ins­pirasi corner-corner lain seperti Japan Corner, India Corner dan Warung Pran­cis. Maka, Sudut Inspirasi ini de­ngan menghadirkan narasumber yang lulusan luar negeri melalui program beasiswa diharapkan bisa menginspirasi ma­hasiswa UMSU lainnya,” katanya.

Sudut Inspirasi akan diadakan dua kali dalam setahun dan da­lam skala besar peserta  di an­taranya berencana menghadirkan pe­nulis terkenal di September 2019. Kegiatan lain yang digelar di BI Corner yakni lomba foto dan lomba resensi buku dengan buku-buku yang ada di BI Corner.

Ketua Relawan Perpustakaan UMSU, Ghina Farathika mengatakan sa­ngat berterimakasih kepada para re­lawan dan mahasiswa UMSU yang be­gitu antusias menghadiri Sudut Ins­pirasi dan diharapkan kegiatan ini me­njadi jembatan agar mahasiswa UMSU memiliki pengetahuan bagai­mana bisa kuliah ke luar negeri selain mendapat informasi dari buku tetapi juga mendengarkan pengalaman dari narasumber.

Acara diakhir dengan penyerahan plakat, pembagian doorprize kepada peserta yang bertanya dan sesi foto bersama narasumber. Relawan perpustakaan UMSU terlihat sangat bergembira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *